Thursday, December 24, 2015

PROTOKOL



Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Komunikasi manusia bisa terjadi ketika mengikuti protokol, yang pertama adalah pihak pertama meminta informasi kepada pihak kedua à permintaan informasi dikirimkan dari pihak pertama ke pihak kedua à pihak kedua memberikan informasi kepada pihak pertama a informasi berpindah ke pihak pertama à pihak pertama menerima informasi yang diberikan dst.

Jaringan Komputer bisa terjadi ketika mengikuti protokol, yang pertama adalah pihak pertama (klien) meminta koneksi kepada pihak kedua (Server)à permintaan koneksi dikirimkan dari klien ke server à server memberikan respon koneksi kepada klien à informasi berpindah ke klien à klien menerima informasi yang diberikan dst.
Untuk mengenali setiap komputer dalam jaringan diperlukan identitas untuk untuk setiap komputer (alamat IP). Protokol Internet (Inggris Internet Protocol disingkat IP) adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP.

No comments:

Post a Comment